Solusi Penyakit Anda

Published by Robert on

Menopause adalah fase dalam kehidupan seorang wanita dimana indung telur tidak lagi melepas telur tiap bulan dan menstruasi berhenti. Selain melakukan hal-hal yng berkaitan dengan faktor fisik, issue psikis juga akan sangat mempengaruhi terjadinya menopause dini. Rahman (1995), mengatakan menopause terjadi pada usia menjelang 50 tahun yang ditandai dengan berhentinya haid terakhir dari uterus yang dipengaruhi oleh hormon-hormon dari otak dan sel-sel telur. A. Fase pra menopause ( klimakterium ) yaitu fase dimana seorang wanita akan mengalami kekacauan pola menstruasi, terjadi perubahan psikologis / kejiwaan dan terjadi perubahan fisik.

Baik estrogen maupun progesteron sama-sama penting untuk mempertahankan lapisan kalogen yang sehat pada kulit. Istilah andropause pada pria memang memiliki banyak kemiripan dengan menopause yang dialami wanita. Meskipun flush dapat terjadi pada pramenopause, pada kebanyakan wanita ini berkahir 1-2 tahun, tetapi sebanyak 25% lebih lama dari 5 tahun (Sastrawan 1997).menopausemenopause

Menopause bersamaan dengan penurunan estrogen (hormon seks wanita yang utama) menjadi 1/10 dari jumlah sebelummya (Camellia 2008). Istilah menopause digunakan untuk mengatakan suatu keadaan dimana wanita berhenti dari haidnya selamanya. Hal ini sering terjadi jika menopause disebabkan oleh pengangkatan ovarium (Proverawati, 2009). Sebab pada makanan cepat saji biasanya memiliki kandungan gizi yang tidak seimbang.

Sejak meopause, badan wanita menghasilkan sedikit hormon pria testosteron yang mengakibatkan beberapa wanita dapat mengalami pertumbuhan rambut pada bagian dagu, bagian bawah dari hidung, dada, atau perut. Mayoritas wanita yang mengalami menopause alami tidak melaporkan penurunan dalam hasrat seksual, kesenangan erotik, atau orgasme dan penurunan potensi seksual lebih sedikit pada wanita dibanding pria selama proses penuaan. Bukti-bukti yang ada mendukung bahwa hormon-hormon wanita memiliki pengaruh pada kerentanan gangguan mood pada wanita. Ternyata tidak hanya perempuan yang mengalami menopause tetapi laki-laki juga mengalami menopause.

Tidak semua perempuan yang mengalami menopause memerlukan terapi estrogen pengganti, sebagian lagi hanya memerlukannya selama beberapa bulan, karena tidak semua peremuan mengalami gejala menopause yang demikian mengganggu sehingga memerlukan estrogen pengganti. Mekanisme estrogen di dalam melindungi jantung adalah karena efek proteksi yang ditimbulkannya. Memang, dalam kenyataannya nafsu seksual tidak ada hubungannya dengan produksi hormon pada saat atau sesudah menopause.menopause

Categories: menopause