Menopause And Heart Disease (2)

Published by Robert on

Menopause merupakan berhentinya masa kesuburan dan masa reproduksi wanita yang ditandai dengan berhentinya masa menstruasi atau siklus bulanan seiring bertambahnya usia dan penurunan hormon. Takesihaeng (2000) mengungkapkan gejala fisik yang mungkin dialami saat mencapai masa menopause adalah berupa rasa panas yang tiba-tiba menyerang bagian atas tubuh, keluar keringat yang berlebihan pada malam hari, sulit tidur, iritasi pada kulit, gejala pada mulut dan gigi, kekeringan vagina, kesulitan menahan buang air kecil, dan peningkatan berat badan.

Gejala perubahan psikologi pada wanita menopause pada umumnya adalah: rasa hati murung, hilang minat dan rasa senang, penurunan konsentrasi pikiran dan perhatian, pengurangan rasa harga diri dan percaya, pikiran perihal dosa dan diri tidak berguna, pandangan suram dan pesimistik terhadap masa depan, gagasan atau tindakan mencederai diri / bunuh diri.

Dengan meningkatnya aktifitas timulin, membuktikan bahwa gangguan sisitem imun pada usia lanjut sebagai akibat atrofi kelenjar timus, dapat diperbaiki dengan minuman fungsional berbasis susu skim yang disuplementasi dengan isoflavon kedelai dan Zn. Peningkatan aktivitas timulin tersebut berkorelasi positif dengan standing antioksidan seluler dan sisitem imunitas humoral wanita premenopause.

Menurut Luciana (2005), keluhan-keluhan yang timbul pada menopause antara lain keringat malam hari, mudah marah, sulit tidur, siklus haid tidak teratur, gangguan fungsi seksual, kekeringan vagina, perubahan pada indera perasa, gelisah, rasa khawatir, sulit konsentrasi, mudah lupa, sering tidak dapat menahan kencing, nyeri otot sendi, serta depresi.menopausemenopause

Umur waktu terjadinya monopouse dipengaruhi oleh keturunan, kesehatan umum, dan pola kehidupan. Menopause yang alami dan umumnya terjadi pada usia diakhir forty tahun atau diawal 50 tahun (Andrews. Apabila seorang wanita masih mengalami periode menstruasi pada masa perimenopause, meskipun tidak teratur, dia dapat tetap hamil. Proses terjadinya menopause disebabkan karena semakin tuanya ovarium sehingga fungsinya dalam memproduksi hormon estrogen menjadi menurun.menopause