Mari Berkarya With Ahnauw’s Blog

Published by Robert on

Proses menjadi tua berkaitan dengan sejumlah perubahan hormon dan fungsi fisiologi dan beberapa diantaranya berkaitan dengan faktor gender. Penyebabnya adalah kekurangan estrogen yang menyebabkan liang vagina menjadi lebih tipis, lebih kering dan kurang elastis. Sistem endokrin adalah sistem yang mengatur semua zat penting didalam tubuh perempuan yang dikenal sebagai hormon. Ini gejala klasik yang sekaligus menjadikan para wanita ketika mengalami menopause mendapatkan perawatan. Pada menopause terdapat penurunan produksi hormon estrogen dan kenaikan hormon gonadotropin.

Di Indonesia banyak makanan dan tumbuhan yang mengandung hormon estrogen yang bisa dimanfaatkan yaitu tempe, pepaya, bengkuang, dan buah terong. Adanya pendapat masyarakat yang merugikan bahwa wanita yang telah memasuki masa menopause dianggap tidak berguna lagi karena sudah tidak bisa melahirkan anak lagi dan telah kehilangan daya tariknya sebagai seorang wanita. Rasa panas terkadang terjadi bahkan sebelum seorang wanita memasuki masa menopause. Peranan estrogen yang lain adalah sebagai pelebar pembuluh darah jantung sehingga aliran darah menjadi lancar dan jantung memperoleh suplai oksigen secara cukup (Khomsan 2002).

Gejala fisik yang dialami saat menopause adalah berupa rasa panas yang tiba-tiba menyerang bagian atas tubuh, keluar keringat yang berlebihan pada malam hari, sulit tidur, iritasi pada kulit, gejala pada mulut dan gigi, kekeringan vagina, kesulitan menahan buang air kecil, dan peningkatan berat badan. Ada kecenderungan dewasa ini untuk terjadinya menopause pada umur yang lebih tua.menopausemenopause

Umur waktu terjadinya monopouse dipengaruhi oleh keturunan, kesehatan umum, dan pola kehidupan. Menopause yang alami dan umumnya terjadi pada usia diakhir 40 tahun atau diawal 50 tahun (Andrews. Apabila seorang wanita masih mengalami periode menstruasi pada masa perimenopause, meskipun tidak teratur, dia dapat tetap hamil. Proses terjadinya menopause disebabkan karena semakin tuanya ovarium sehingga fungsinya dalam memproduksi hormon estrogen menjadi menurun.

Di tingkat psikologis, respon orang erhadap sumber stress tidak bisa di ramalkan, sebagaimana perbedaan suasana hati dan emosi. Namun dalam perkembangannya, perempuan berusia 35 tahun pun bisa mengalami menopause atau yang dikenal dengan istilah menopause dini. Sehingga cara yang terbaik untuk hal ini adalah dnegan menerapkan pola hidup yang sehat dan berimbang. Dan tentu saja tidak ada wanita ( yang masih normal ) yang menginginkan datangnya masa menopause lebih awal. Menopause adalah terhentinya ovulasi yang disebabkan tidak adanya respon oosit indung telur (ovarium) dan secara umum pada usia antara 47-53 tahun.menopause

Categories: menopause