Makalah Penyuluhan Menopause (2)

Published by Robert on

Klimakterium adalah masa yang bermula dari akhir masa reproduksi sampai awal masa senium dan terjadi pada wanita berumur forty-sixty five tahun. Sampai saat ini belum diketahui peranan eating regimen atau olahraga terhadap kadar Lp(a), terapi yang telah dikenal bermanfaat untuk menurunkan degree Lp(a) adalah pemberian estrogen dan niacin (Khomsan 2002). Menurut Dokter Hasto Wardoyo SpOG dan Dr Ova Emilia SpOG bahwa pada usia forty five tahun perempuan dianjurkan mengonsumsi obat hormonal maupun melakukan terapi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung hormon estrogen.

Umur waktu terjadinya monopouse dipengaruhi oleh keturunan, kesehatan umum, dan pola kehidupan. Menopause yang alami dan umumnya terjadi pada usia diakhir 40 tahun atau diawal 50 tahun (Andrews. Apabila seorang wanita masih mengalami periode menstruasi pada masa perimenopause, meskipun tidak teratur, dia dapat tetap hamil. Proses terjadinya menopause disebabkan karena semakin tuanya ovarium sehingga fungsinya dalam memproduksi hormon estrogen menjadi menurun.

Seperti diketahui, pada masa menopause kadar hormon estrogen dalam darah menurun drastis sehingga mempengaruhi fungsi tubuh. Menurut Dr. Purwantyastuti, bila seseorang mengalami henti haid di usia 30-an atau awal 40-an, maka orang tersebut dapat dikatakan mengalami menopause dini. Wanita perokok kelihatannya akan lebih muda memasuki usia menopause dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Menopause dipengaruhi oleh standing ekonomi, disamping pendidikan dan pekerjaan suami. Gejala lain yang menjadi tanda menopause adalah gangguan sembelit, gangguan punggung, dan tulang belulang, bengkak, linu serta nyeri.menopause

Gejala-gejala psikologis pada masa menopause adalah perasaan murung, kecemasan, irritabilitas dan perasaan yang berubah-ubah, labilitas emosi, merasa tidak berdaya, gangguan daya ingat, konsentrasi berkurang, sulit mengambil keputusan, merasa tidak berharga (Glasier dan Gebbie 2006). Semakin panjang masa produksi hormon estrogen, ini maka akan semakin mungkin datangnya masa menopause dihambat. Faktor yang juga mempengaruhi menopause lebih awal bisa dikarenakan konsumsi yang sembarangan.

Drajat (1994) mendefinisikan menopause sebagai peralihan masa reproduksi ke masa non reproduksi (tua) dimana kemampuan alat-alat reproduksinya mulai menurun yang disebabkan berkurangnya hormon estrogen dan progesteron yang mulai memegang peranan sangat penting dalam berbagai aktivitas tubuh. Menopause yang terjadi apabila seorang wanita masih mendapat haid di atas fifty two tahun (Prawirohardjo. Kegagalan ovarium prematur adalah menopause yang terjadi sebelum usia forty tahun.menopausemenopause